Putin Bertemu Presiden Iran, Ada Apa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Okt 2024, 05:30
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Vladimir Putin Vladimir Putin (Istimewa)

Ntvnews.id, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengadakan pertemuan di Turkmenistan pada Jumat, 11 Oktober 2024, di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Saat itu, Israel terus melancarkan serangan udara di Beirut, ibu kota Lebanon, untuk menargetkan kelompok militan Hizbullah yang mendapat dukungan dari Iran. Putin menyatakan bahwa Rusia dan Iran memiliki pandangan yang hampir sejalan dalam beberapa peristiwa.

"Kami aktif bekerja sama di tingkat internasional, dan sering kali pandangan kami terhadap peristiwa terkini di dunia sangatlah mirip," kata Putin dikutip dari TASS, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Baca Juga: Putin Ulang Tahun dan Dapat Ucapan Tak Terduga Ini

Putin juga mengundang Pezeshkian untuk melakukan kunjungan resmi ke Rusia. Rusia akan menjadi tuan rumah pertemuan BRICS di Kazan pada 22-24 Oktober.

Di sisi lain, Pezeshkian menekankan bahwa hubungan Rusia dan Iran semakin kuat, terutama dalam bidang ekonomi dan budaya.

"Kerja sama yang terus berkembang antara Iran dan Rusia, sesuai dengan keinginan para pemimpin tertinggi kedua negara, harus dipercepat untuk memperkuat hubungan ini," ujarnya, mengutip Reuters.

Halaman

TERKINI

Load More
x|close