Saling Puji Bahlil dan Airlangga di Peresmian Smelter Freeport

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Jun 2024, 16:57
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meresmikan operasional smelter tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meresmikan operasional smelter tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur.

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meresmikan operasional smelter tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur.

Bahlil menyebutkan bahwa smelter tembaga milik PTFI yang berdiri di atas lahan 100 hektare itu diklaim merupakan terbesar di dunia.

"Ini terbesar di dunia. Dan ada satu pesan saya sampaikan smelter ini berjalan baik melibatkan pengusaha daerah," ucap Bahlil, Kamis (27/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga mengapresiasi PTFI yang dapat menyelesaikan pembangunan smelter sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Menurutnya terbangunnya smelter tembaga ini merupakan bagian dari kometmen pemenuhan kesepakatan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) yang diteken pada 2018 lalu.

"Alhamdulillah ini bagian dari perjanjian IUPK dan hasilnya hari ini paling hebat karena kita lihat 3-4 tahun ke depan, tidak ada yang bisa mampu membangun smelter seperti ini di lahan 100 hektare di manapun," ucap Airlangga.

Airlangga melanjutkan, beroperasinya smelter ini dinilai tepat waktu seiring dengan tren energi terbarukan butuh critical mineral dan salah satunya adalah tembaga.

Halaman
x|close