Heboh Arab Saudi untuk Pertama Kalinya Libatkan Wanita dalam Proses Penggantian Kiswah Kabah

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Jul 2024, 13:44
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Arab Saudi untuk Pertama Kalinya Libatkan Wanita dalam Proses Penggantian Kiswah Arab Saudi untuk Pertama Kalinya Libatkan Wanita dalam Proses Penggantian Kiswah (Istimewa)

Ntvnews.id, Mekkah - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, wanita telah berpartisipasi dalam upacara penggantian kiswah Ka'bah yang dilaksanakan pada Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H.

Dalam video dan foto yang diposting oleh pengelola Masjidil Haram pada Minggu, 7 Juli 2024, terlihat sejumlah wanita, yang merupakan petugas pengelola masjid suci tersebut, mengangkat bagian-bagian kiswah seperti emblem dengan penuh kehormatan.

Bagian-bagian kiswah ini berwarna hitam dengan sulaman emas dan dilindungi dengan plastik. Para petugas wanita membawa potongan kiswah tersebut dari pabrik kiswah yang terletak dekat dengan Masjidil Haram.

Arab Saudi untuk Pertama Kalinya Libatkan Wanita dalam Proses Penggantian Kiswah <b>(Istimewa)</b> Arab Saudi untuk Pertama Kalinya Libatkan Wanita dalam Proses Penggantian Kiswah (Istimewa)

Mereka menyerahkan bagian-bagian kiswah kepada petugas pria, yang kemudian memasukkannya ke dalam truk bersama gulungan kiswah lainnya.

Baca Juga: Viral Momen Jemaah Haji Asal Indonesia Teriak-teriak Minta Duit depan Kabah

Truk tersebut kemudian membawa kiswah baru ke Masjidil Haram untuk prosesi penggantian rutin yang dilakukan setiap tahun. Biasanya, penggantian ini terjadi pada tanggal 9 Zulhijah saat jemaah haji sedang berada di Arafah, sehingga Masjidil Haram dalam keadaan sepi

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, penggantian kiswah dilakukan pada Tahun Baru Islam 1 Muharam.

Halaman
x|close