Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf Datangi Israel Tahun 2018, Warganet Sebut Ikut Ritual Agama Yahudi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Jul 2024, 15:39
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf (Twitter)

Ntvnews.id, Jakarta -Yahya Cholil Staquf merupakan salah satu tokoh Muslim Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Beliau dikenal karena pandangannya yang kritis terhadap isu-isu global, terutama terkait radikalisme dan dialog antaragama.

Selain itu, Yahya Cholil Staquf juga dikenal sebagai pendiri dan sekaligus Ketua Gerakan Pemuda Ansor, sayap pemuda dari NU yang berkomitmen untuk memperkuat moderasi dan toleransi di kalangan pemuda muslim Indonesia.

Pada tahun 2018, Yahya Cholil Staquf mengunjungi Israel untuk mengikuti sebuah konferensi internasional yang membahas perdamaian di Timur Tengah. Kedatangan ke negara tersebut menuai kontroversi di Indonesia karena Israel adalah musuh Palestina.

Tangkapan layar - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf. ANTARA/Se <b>(ANTARA/Sean Muhamad/aa)</b> Tangkapan layar - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf. ANTARA/Se (ANTARA/Sean Muhamad/aa)


Selain itu, sebagian kalangan di Indonesia menilai kunjungan tersebut sebagai tindakan yang tidak mendukung solidaritas terhadap Palestina. Kontroversi ini semakin memanas ketika beberapa media sosial dan opini publik mulai mengkritik langkah Yahya Cholil Staquf.

Beberapa pihak menilai bahwa dengan berkunjung ke Israel, Yahya Cholil Staquf dianggap memberi legitimasi kepada negara yang dianggap melakukan penindasan terhadap rakyat Palestina tersebut. Tercatat, puluhan ribu orang Palestina meninggal akibat serangan Israel. 

Bahkan, dalam sebuah unggahan di Twitter melalui akun @AndiPitopang7, ia melihat bahwa ketum PBNU tersebut diduga telah melakukan ritual agama Yahudi. Gus Yaqut mendatangi negara zionis tersebut pada tanggal 14 Juni 2018 silam.  

Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf <b>(Twitter)</b> Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf (Twitter)

Halaman
x|close