Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Tewas Dibunuh Usai Hadiri Pelantikan Presiden Iran

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 31 Jul 2024, 12:44
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ismail Haniyeh Ismail Haniyeh (Istimewa)

Ntvnews.id, Taheran - Pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, dilaporkan telah meninggal dunia di Teheran, ibu kota Iran, kabar ini pertama kali dilaporkan media pemerintah Iran pada Rabu, 31 Juli 2024

Haniyeh dan seorang pengawalnya dilaporkan tewas setelah serangan yang menghantam gedung tempat mereka menginap, menurut pernyataan dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Diketahui bahwa Haniyeh berada di Teheran untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden Iran, Masoud Pezeshkian, pada hari Selasa.

Baca Juga: Breaking News! Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Tewas Terbunuh di Iran

Belum ada pihak yang secara langsung mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, namun kecurigaan segera tertuju pada Israel.

Israel telah menyatakan keinginan untuk membunuh Haniyeh dan pemimpin Hamas lainnya sebagai balasan atas serangan yang dilakukan kelompok tersebut pada 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang.

Para analis di televisi pemerintah Iran langsung menuding Israel sebagai pelaku serangan ini. Sementara itu, Israel belum memberikan komentar, yang merupakan kebiasaan mereka dalam kasus-kasus terkait operasi intelijen yang dilakukan oleh Mossad.

Halaman
x|close