Daftar Wasit Terbaik Sepanjang Masa Resmi Diluncurkan, Pierluigi Collina Teratas

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Sep 2024, 15:27
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Wasit legendaris, Pierluigi Collina Wasit legendaris, Pierluigi Collina (FIFA)

Ntvnews.id, Jakarta - Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (IFFHS) baru saja menerbitkan urutan wasit terbaik sepanjang sejarah. Mereka telah menyusun peringkat wasit tahunan dari tahun 1987 hingga 2022 untuk menentukan peringkat wasit terbaik sepanjang masa.

Penempatan wasit di setiap edisi menentukan jumlah poin yang dialokasikan kepada mereka. Jika wasit menempati posisi teratas dalam daftar tahunannya, mereka akan menerima 20 poin. Sementara untuk yang berada di posisi kedua mendapat 19 poin, peringkat ketiga 18 poin, dst.

Baca juga: Zuklifli Syukur Minta Maaf Pemainnya Pukul KO Wasit di PON Aceh-Sumut 2024

Dari perhitungan ini ditetapkan kalau Pierluigi Collina yang jadi pemenang penghargaan Wasit Terbaik IFFHS dalam enam tahun berturut-turut, 1998 hingga 2003, terpilih jadi wasit terbaik sepanjang masa dengan 191 poin, unggul 7 poin dari Markus Merk yang berada di posisi kedua.

Sementara rekan senegaranya dari Jerman, Felix Brych, menempati posisi ketiga dengan 161 poin, disusul Kim Milton Nielson pada posisi keempat dengan torehan 161 poin.

Howard Webb dari Inggris melengkapi lima besar dengan 156 poin. Selain Webb, wasit Inggris lainnya yang masuk dalam daftar adalah Graham Poll dan Martin Atkinson.

Selengkapnya di bawah ini:

Pierluigi COLLINA Italia 191

Halaman
x|close