Osian Roberts Ungkap Kunci Sukses Como 1907 Kembali ke Serie A dalam Wawancara Eksklusif dengan Ntvnews.id

NTVNews - 15 Mei 2024, 15:45
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan

Ntvnews.id, Jakarta - Penantian 21 tahun Como 1907 untuk kembali berlaga di Serie A berakhir sudah. Tim yang berada di pusat keindahan Italia itu dipastikan kembali ke level tertinggi sepak bola Negeri Pizza setelah berhasil finis di urutan kedua klasemen akhir Serie B 2023/2024.  

Como mengemas 73 poin atau terpaut 3 poin dari Parma yang keluar sebagai juara. Sementara Venezia yang berada di urutan ketiga dengan 70 poin masih harus melalui babak play-off. 

Tidak mudah bagi Como melaju ke level tertinggi sepak bola Italia. Persaingan yang ketat di Serie B membuat tim yang dijuluki I Lariani tersebut harus berjuang keras hingga laga terakhirnya. 

Para pendukung Como bahkan sempat dibuat tegang saat tim tamu Cosenza unggul lebih dulu di Giuseppe Sinigaglia lewat gol Genaro Tuttino pada menit ke-30. Stadion berkapasitas 7500 itu semakin tegang manakala pada laga lainnya, Venezia sedang unggul 1-0 lewat gol Jay Idzes. 

Penalti Simone Verdi pada menit ke-74 lantas mengubah kedudukan jadi 1-1. Como pun berpesta karena Venzia terkena comeback Spezia melalui gol Pio Esposito (56') dan Arkadiusz Reca (61').

Pelatih caretaker, Osian Roberts sangat lega melihat Como bisa kembali ke Serie A. Pasalnya, dia baru enam bulan ditunjuk menangani I Lariani. Dia menggantikan posisi pelatih caretaker sebelumnya, Cesc Fabregas hanya harus menepi karena belum memenuhi lisensi kepelatihan.  

Bagi Roberts, ini merupakan pencapaian terbaiknya di level senior. Pria berusia 58 tahun itupun menjadi pelatih Wales pertama yang mampu mengantar klub Italia promosi ke Serie A. 

Belum lama ini, Roberts berbagi cerita mengenai perjuangannya mengantar Como ke Serie A. Dalam wawancara eksklusif dengan Ntvnews.id, Roberts juga mengungkap sosok penting yang membuat dia akhirnya berani menangani tim sempat terdampar ke seri D itu. 

Halaman
x|close