Mengintip Megahnya 'Markas' Papua Football Academy di Mimika: Fasilitas Lengkap, Lapangan Rumput dan Sintetis Tersedia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 04:00
Moh. Rizky
Penulis
Marco Tampubolon
Editor
Bagikan
Tempat latihan Papua Football Academy (PFA) di Mimika Sport Complex (MSC). Tempat latihan Papua Football Academy (PFA) di Mimika Sport Complex (MSC).

Ntvnews.id, Jakarta - Ternyata ada fasilitas untuk olahraga yang lengkap nan megah di Tanah Papua. Fasilitas itu berada di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Kompleks olahraga tersebut, bernama Mimika Sport Complex (MSC). MSC yang seluas 12,5 hektare, terletak di Jalan Poros Timika-Sp5. MSC dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) sejak tahun 2014 silam, dan selesai 2018. Walau demikian, pengembangan fasilitas olahraga lainnya terus dilakukan.

Adapun salah satu pihak 'penghuni' MSC ialah para atlet sepak bola muda dari Papua Football Academy (PFA). Mereka tinggal di asrama yang turut dibangun pada kompleks tersebut. Total, jumlahnya saat ini 60 orang, yang berasal dari dua angkatan. 

Selain asrama atlet, di MSC terdapat sarana olahraga mulai dari stadion indoor, outdoor, dan fasilitas penunjang lain.

Ada dua lapangan sepak bola di MSC. Satu lapangan yang menggunakan rumput alami, satu lagi memakai rumput sintetis.

"Yang ini (lapangan rumput sintetis) belum lama dibangun," ujar Direktur Garuda Gema Nusantara (GGN) Rizky Aidi, Sabtu (19/10/2024).

Lokasi gymnasium di Mimika Sport Complex. Lokasi gymnasium di Mimika Sport Complex.

Selain itu, ada pula tempat kebugaran, stadion atletik, stadion basket, dan voli. Kemudahan ada kolam renangnserta klinik yang fungsinya sebagai tempat perawatan kesehatan dan lokasi fisioterapi atlet. 

Halaman
x|close