Wasit Wanita Legendaris, Stephanie Frappart Nyaris Jadi Bulan-bulanan Pemain hingga Presiden Klub yang Marah

NTVNews - 27 Mei 2024, 20:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Wasit wanita, Stephanie Frappart (tengah) Wasit wanita, Stephanie Frappart (tengah) (FIFA)

Ntvnews.id, Jakarta - Wasit wanita, Stephanie Frappart mendapat intimidasi dari pemain dan presiden klub saat memimpin laga final Piala Yunani yang mempertemukan Panathinaikos vs Aris, Minggu (26/5/2024). Frappart bahkan sampai harus dikawali oleh polisi saat keluar lapangan. 

Dalam laga ini, Frappart mengeluarkan tiga kartu merah. Masing-masing satu kepada pemain Panathinaikos, Giannis Kotsiras serta dua untuk pemain Jean Jules dan Vladimir Darida. Duel yang berlangsung di Stadion Panthessaliko itu akhirnya dimenangkan Panathinaikos dengan skor 1-0. 

Satu-satunya gol dicetak oleh Gregorios Vagiannids pada masa injury time babak kedua.  

Para pemain Aris yang tidak puas dengan kepemimpinan Frappart langsung menyerbu wasit asal Prancis itu. Menurut laporan Quest France seperti dilansir dari Dailymail, beberapa staf juga ikut mengintimidasi wanita berusia 40 tahun itu, termasuk presiden klub Aris, Theodoros Karypidis. 

Perangkat pertandingan lain yang bertugas berusaha melerai keributan itu. Sementara polisi juga segera turun tangan dan langsung mengawal Stpehanie Frappart menuju ke ruang ganti.

Beruntung tidak ada penonton yang diizinkan menghadiri laga ini. Pihak penyelenggara tidak mendapat izin menyusul aksi hooliganisme yang meresahkan sepak bola Yunani. Keributan pun akhirnya bisa diredakan dan tidak ada laporan terkait pihak yang terluka akibat insiden itu.

Frappart sendiri bukan wasit sembarangan. Dia merupakan wasit wanita pertama yang bertugas di Piala Dunia saat mendapat kepercayaan memimpin duel Kosta Rica vs Jerman di Qatar, 2022 lalu. 

Di sepak bola Eropa, namanya juga sudah tidak asing lagi. Wanita kelahiran Le Plessis-Bouchard itu merupakan wanita pertama yang menjadi wasit Ligue 1. Dia juga pernah bertugas pada laga  Liverpool vs Chelsea di UEFA Super Cup 2019 dan menjadi wanita pertama yang dipercaya sebagai wasit pada laga Liga Champions pria saat Juventus bertemu Dynamo Kiev pada tahun 2020 lalu.

Halaman
x|close