Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Minta Semua Pihak Tidak Terkurung Hanya di Piala AFF

NTVNews - 28 Mei 2024, 20:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong optimistis membawa Garuda Muda terbang ke Olimpiade Par Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong optimistis membawa Garuda Muda terbang ke Olimpiade Par

Ntvnews.id, Jakarta - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta semua pihak agar tidak hanya fokus kepada Piala AFF 2024. Menurut pria asal Korea Selatan itu, sepak bola Indonesia sudah waktunya berbenah agar bisa bersaing di level yang lebih tinggi lagi.

Seperti diketahui, timnas Indonesia belum sekalipun menjuarai Piala AFF. Sejak digulirkan pada 1996 lalu, prestasi tertinggi Tim Merah Putih hanya sampai finalis saja.

STY juga sudah merasakan sulitnya menjuarai Piala AFF. Upaya terbaiknya pada turnamen ini juga hanya mengantar Tim Merah Putih menjadi runner up pada edisi 2020 lalu. 

Nah, tahun ini Piala AFF akan bergulir lagi mulai 23 November sampai 21 Desember. Timnas Indonesia berada di grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. 

"Untuk drawing AFF kita satu grup dengan Vietnam, saya juga berpikir kalau Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia merupakan tim yang berpotensi lolos ke empat besar," kata STY.

"Untuk itu saya akan semaksimal mungkin dalam persiapannya. Grup kita bagus, jadi tidak ada beban,” beber mantan pelatih timnas Korea Selatan itu seperti dilansir dari Antaranews.com.

Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Lapangan ABC, Senayan, Selasa (28/5/2024). <b>(Antaranews)</b> Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Lapangan ABC, Senayan, Selasa (28/5/2024). (Antaranews)

STY terkesan tidak terlalu antusias menyambut turnamen ini. Menurutnya, sepak bola Indonesia perlu berbenah agar bisa berbicara lebih banyak di level kompetisi yang lebih tinggi.

“Jujur tidak tahu (seberapa penting Piala AFF), tapi yang pasti AFC lebih besar dari AFF. Saya mohon kepada semua pihak jangan terkurung hanya di Piala AFF saja tapi ya kita majukan diri kita, lebih majukan diri supaya kita bisa melihat yang lebih besar seperti AFC atau FIFA,” katanya. 

Halaman
x|close