Pembukaan Olimpiade Paris 2024 Spektakuler, Kontingen Indonesia Satu Kapal dengan India dan Iran

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Jul 2024, 04:40
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Kontingen Indonesia satu kapal dengan India dan Iran saat parade kontingen pembukaan Olimpiade Paris 2024 di Sungai Siena, Sabtu (27/7/2024) Kontingen Indonesia satu kapal dengan India dan Iran saat parade kontingen pembukaan Olimpiade Paris 2024 di Sungai Siena, Sabtu (27/7/2024) (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Olimpiade Paris 2024 telah resmi dimulai pada 26 Juli 2024 waktu setempat atau 27 Juli waktu Indonesia. Pesta olahraga multi cabang empat tahunan itu dibuka dengan upacara spektakuler yang digelar di salah satu ikon kota Paris, yakni Sungai Siene. 

Tidak seperti biasanya, untuk kali pertama pembukaan digelar di luar stadion. Acara ini melibatkan setidaknya puluhan perahu yang digunakan mengangkut kontingen peserta. 

Baca juga: Kereta Cepat Prancis Disabotase Jelang Olimpiade Paris 2024

Mereka dibawa berlayar dari timur ke barat sejauh 6 km melewati berbagai bangunan bersejarah Prancis. Meski sempat diguyur hujan, acara ini tetap berjalan dengan lancar dan meriah.

Acara dibuka dengan penayangan video legenda sepak bola Prancis, Zinedine Zidane yang tengah membawa obor melintasi kota Paris. Dia kemudian menyerahkannya kepada tiga anak kecil yang kemudian berlari melintasi lorong menyeramkan Paris Catacombs. 

Dari sana mereka lalu dibawa pria bertopeng dengan sebuah perahu. 

Dalam tayangan langsung, para petinggi Prancis, termasuk Presiden Prancis, Emmanuel Macron tampak melambaikan tangannya sesaat sebelum jembatan Austerlitz menyala dan dipenuhi asap warna bendera Prancis, Biru, merah, dan putih. Parade atlet pun dimulai!

Kontingen Indonesia saat tampil pada acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 <b>(Antara)</b> Kontingen Indonesia saat tampil pada acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Antara)

Sebagai asal dari Olimpiade, kontingen Yunani mendapat kesempatan untuk berlayar di depan. Rombongan mereka diikuti oleh grup pengungsi. Sementara itu kontingen Afghanistan, Afrika Selatan, Albania, Aljajair, dan Jerman tampak berlayar menggunakan satu kapal. 

Halaman
x|close