Pemerintah Gelontorkan Rp800 Miliar per Hari Buat Program Makan Bergizi Gratis

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Okt 2024, 10:00
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka melakukan pemantauan makan bergizi gratis di SDN 4 Kota Tangerang, Senin (5/8/2024) Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka melakukan pemantauan makan bergizi gratis di SDN 4 Kota Tangerang, Senin (5/8/2024) (ANTARA/Irfan)

Ntvnews.id, Jakarta - Program unggulan dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yaitu makan bergizi gratis akan membelanjakan anggaran senilai Rp800 miliar per hari.

Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana mengatakan program ini jika diimplementasikan secara penuh akan menjangkau hingga 82,9 juta penerima.

"Kalau ini program sudah jalan, maka Badan Gizi Nasional akan belanja Rp1,2 triliun setiap hari untuk investasi SDM masa depan. Dan 75 persen dari Rp1,2 triliun itu untuk intervensi Makan Bergizi Gratis itu kurang lebih Rp800 miliar setiap hari," ucap Dadan dikutip, Rabu (9/10/2024).

Adapun anggaran Rp800 miliar itu akan digunakan untuk membeli bahan baku menu makanan dari produk pertanian dan diklaim membuat peredaran uang dalam jumlah besar di masyarakat.

Dadan melanjutkan,  dari hasil percobaan dengan melibatkan 3.000 anak dalam satuan pelayanan, dibutuhkan sekitar 200 kg beras, 350 kg ayam, 3.000 butir telur, 350 kg sayuran dan 600 liter susu per hari.

Baca juga: Mulai Januari 2025, Ini Jadwal Pemberian Makan Bergizi Gratis ke Anak Sekolah PAUD hingga SMA

"Ini baru untuk satu satuan pelayanan, kalau nanti program ini berjalan penuh akan ada sekitar 30.000 satuan pelayanan di seluruh Indonesia yang melayani ibu hamil, ibu menyusui, anak balita, anak sekolah dari PAUD hingga SMA, termasuk santri dan sekolah-sekolah keagamaan lainnya. Ini adalah skala yang sangat besar," ungkapnya.

Sementara itu, untuk pembagian makan bergizi gratis akan berbeda setiap jenjang pendidikan, kata Dadan, pembagian makan bergizi gratis untuk anak PAUD sampai Sekolah Dasar (SD) kelas 2 makanan akan dikirim jam 8.

"Anak PAUD sampai anak kelas 2 SD itu sekolahnya sampai jam 10, jadi makanan harus kami kirim jam 8 pagi," kata Dadan.

Kemudian untuk kelas 3 sampai kelas 6 SD, makan bergizi gratis akan dikirim jam 9, sementara untuk SMP dan SMA akan dikirim jam 12 siang.

Baca juga: Adik Prabowo Ungkap Program Makan Bergizi Gratis Bakal Dilakukan Sehari 2 Kali, Pagi dan Siang

"Baru anak SMP dan SMA makannya jam 12 karena sekolahnya sampai pukul 14.00 dan 16.00," ungkap Dadan.

Halaman
x|close