Sri Mulyani Ungkap Pentingnya Jaga APBN, Jangan Sampai Jadi Sumber Krisis

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jul 2024, 16:02
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menkeu Sri Mulyani bahas perkembangan ekonomi terkini Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menkeu Sri Mulyani bahas perkembangan ekonomi terkini

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan instrumen kebijakan yang sangat penting dan strategis bagi sebuah negara untuk mencapai cita-citanya.

Untuk itu, APBN harus selalu dijaga agar tetap sehat, berkelanjutan dan kredibel agar efektif memecahkan persoalan bangsa.

Menurut Sri Mulyani APBN bukan justru menjadi sumber persoalan atau bahkan menciptakan krisis.

"Banyak contoh negara-negara di dunia yang tidak mampu mengelola dan menjaga APBN secara sehat dan tepat, sehingga menjadi sumber krisis berkelanjutan," ucap Sri Mulyani dalam Rapat Pariprna DPR RI ke-20, Kamis (4/7/2024).

Lebih lanjut, Sri Mulyani menyebut APBN juga harus terus dikelola secara transparan, kredibel, dan akuntabel, sebagai wujud pertanggungjawaban
pemerintah kepada rakyatnya.

Hal tersebut sesuai UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, RUU P2 APBN disampaikan Pemerintah kepada DPR dalam bentuk laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BPK.

Menurutnya BPK memberikan penilaian terbaik atas pertanggungjawaban pelaksanaan APBN TA 2023, yaitu berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023.
 
"Kami ingin menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berkolaborasi melaksanakan APBN TA 2023," jelas Sri Mulyani.

Halaman
x|close