Pengusaha Usulkan Pembentukan Kementerian Baru Khusus Tangani Masalah Perumahan-Perkotaan kepada Prabowo

NTVNews - 9 Mei 2024, 17:04
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Prabowo Subianto/Foto: Kemhan Prabowo Subianto/Foto: Kemhan

Ntvnews.id, Jakarta -Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) telah menyampaikan peta jalan atau Roadmap Perekonomian 5 tahunan bentukan pengusaha kepada tim Prabowo Suabianto-Gibran Rakabuming Raka. Mereka mengusulkan pembentukkan kementerian baru yang khusus menangani masalah perumahan dan perkotaan.

Pasalnya, berkaca dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, persoalan perumahan berada di bawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang juga menangani bidang infrastruktur.

"Ada beberapa memang masukan dari segi misalnya kita tidak punya kementerian yang fokus di properti. Itu tidak ada, jadi masuk ke dalam PUPR. Nah sementara di PUPR itu kan lebih ke infrastruktur. Jadi kami mengharapkan akan ada menteri khusus yang menangani daripada perumahan, menangani properti ya, dari segi real estate dan lain-lain. Jadi ini salah satu yang sangat spesifik yang kami ajukan kepada pemerintah," kata Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani, Rabu (8/5/2023).

Apindo berharap pembentukan kementerian baru ini juga diiringi dengan pembentukan badan-badan pelaksana, salah satunya seperti badan percepatan perumahan, serta yang berfokus terhadap perkotaan atau urban.

"Karena itu merupakan usulan kami, karena penanganan dari segi perkotaan juga penting untuk diperhatikan. Jadi kami mengusulkan kedua hal ini digabungkan yakni properti dan urban tersebut menjadi satu kementerian," ujarnya.

Baca juga: Kenaikan Pajak Hiburan di DKI Jakarta Jadi 40%, Ancam Pengusaha Gulung Tikar dan PHK Besar-besaran

Shinta juga berharap kabinet yang dinakhodai Prabowo Subianto akan didukung dengan sosok menteri-menteri ekonomi yang bisa bekerja sama dengan para pelaku usaha.

Halaman
x|close