3 Srikandi Bertarung di Pilgub Jawa Timur, Risma dan Luluk Goyang Petahana

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Agu 2024, 10:26
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendaftar ke KPU Jawa Timur. Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendaftar ke KPU Jawa Timur. (Foto: Youtube KPU Jawa Timur)

Ntvnews.id, Jakarta - Pilgub Jawa Timur 2024 akan semakin meriah dan sangat sengit. Bagaimana tidak, dalam kontestasi lima tahunan ini, ada beberapa tokoh yang berpengaruh. Dalam sejarah Pilkada Jawa Timur, untuk pertama kalinya seluruh calon gubernur yang maju merupakan perempuan.

Tiga perempuan tangguh dari Jawa Timur yang akan bersaing adalah Ketua Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, Ketua PKB Luluk Nur Hamidah, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Nah, berikut ulasan selengkapnya mengenai hal tersebut. 

  1. Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak

Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendaftar ke KPU Jawa Timur.  <b>(Foto: Youtube KPU Jawa Timur)</b> Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendaftar ke KPU Jawa Timur. (Foto: Youtube KPU Jawa Timur)

Khofifah Indar Parawansa, yang saat ini menjabat, kembali mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua. Pada periode kedua ini, Khofifah kembali berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak. Mereka secara resmi mendaftar ke KPU Jawa Timur pada hari Rabu, 28 Agustus 2024.

Pasangan ini didukung oleh 15 partai politik. Dari jumlah tersebut, 8 partai merupakan partai parlemen di Jawa Timur, termasuk Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, PSI, PPP, dan NasDem. 

Sementara itu, partai non-parlemen seperti Perindo, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garuda, dan Partai Prima juga mendukung meskipun tidak lolos verifikasi.

  1. Tri Rismaharini dan Gus Hans

Cagub Jatim Tri Rismaharini saat memberikan pernyataan pada konferensi pers usai pendaftaran. (YouTube) Cagub Jatim Tri Rismaharini saat memberikan pernyataan pada konferensi pers usai pendaftaran. (YouTube)

Halaman
x|close