4 Alasan Militer Israel Lebih Kuat dari Iran, Didukung Amerika hingga Diduga Punya Nuklir

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Okt 2024, 02:15
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). ANT Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). ANT (Antara/Antadolu/aa)

Ntvnews.id, Israel - Berdasarkan keterangan dari GlobalFirePower (GFP) pada tahun 2024, kekuatan Israel menempati urutan 17 dari 145 negara. Mereka mempunyai skor PwrIndx 0,2596. Salah satu kelebihan yang dimiliki adalah kekuatan udara dengan 612 jet tempur dibandingkan Iran.

Mereka juga sekarang ini secara bersamaan bisa melakukan perang melawan gerakan di tiga negara berbeda. Israel juga cukup berani menghadapi tekanan Iran, perlawanan Hamas di Gaza, Hizbullah di Lebanon, Houthi dari Yaman.

Di luar bantuan negara sekutu, Israel menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer yang cukup mapan. Berikut faktor kenapa Israel memiliki kekuatan militer yang kuat dirangkum dari berbagai sumber, termasuk axios.

1. Dukungan Finansial

Presiden AS Joe Biden (kanan) bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Kiri) di Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat pada 25 Juli 2024. <b>(Dok.Antara)</b> Presiden AS Joe Biden (kanan) bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Kiri) di Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat pada 25 Juli 2024. (Dok.Antara)

Israel memiliki anggaran dana militer lebih dari USD20 juta dolar dan memiliki akses ke beberapa perangkat keras militer AS yang paling canggih. Dengan dana sebesar itu, Israel bisa mengendalikan langit dan sebagian besar lautan di sekitar wilayahnya, ditambah kemampuan siber yang unggul.

Bahkan, sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, anggaran tahunan IDF meningkat menjadi USD23,6 juta pada 2023, melampaui total pengeluaran militer gabungan Mesir, Iran, Lebanon, dan Yordania.

2. Wajib Militer

Tentara Israel Usir 3 Rumah Warga Palestina untuk Dijadikan Barak Militer <b>(ANTARA)</b> Tentara Israel Usir 3 Rumah Warga Palestina untuk Dijadikan Barak Militer (ANTARA)

Didirikan hanya dua minggu setelah negara Israel berdiri, negara zionis itu mengandalkan tradisi wajib militer yang dimulai pada usia 18 tahun sebagai sumber daya manusia militer. Ada sekitar 169.500 personel tugas aktif dan sekitar 465.000 warga Israel di unit cadangan. Dalam beberapa hari sejak serangan Hamas 7 Oktober, lebih dari 300.000 prajurit cadangan telah dipanggil.

3. Diduga Memiliki Nuklir

Ilustrasi pusat nuklir/ist Ilustrasi pusat nuklir/ist

Meski belum terkonfirmasi, tapi banyak menyakini jika Israel memiliki puluhan hulu ledak nuklir, pesawat tempur, tank, kapal selam, pesawat tak berawak, dan artileri yang sangat canggih. Mereka memiliki sekitar 15 kapal perang, dan lima kapal selam kelas Dolphin.

Halaman
x|close