Ntvnews.id, Jakarta - Kenyamanan jemaah haji menjadi prioritas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Kenyamanan ini dirasakan oleh jemaah haji yang sudah tiba di Makkah. Mereka mengakui, layanan akomodasi dan konsumsi sangat baik.
Lu'luatul Munawwarah, jemaah haji asal kelompok terbang (Kloter) 56 Embarkasi Solo (SOC 56) mengaku sangat senang atas fasilitas yang diberikan kepada jemaah haji, baik akomodasi, konsumsi dan transportasi.
"Di sini dilayani dengan baik. Fasilitas hotel lengkap," kata Luluk, di Makkah, Minggu (25/5/2025) dilansir dari Website Kementerian Agama RI.
Perempuan yang berdomisili di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang ini mengatakan, PPIH Arab Saudi telah memberikan yang terbaik untuk jemaah haji Indonesia. "Petugasnya juga baik sekali, pokoknya mantap lah," kata Luluk.
petugas kesehatan soal konsumsi jemaah haji (website kementerian agama RI)
Jemaah haji asal Makassar, Zaenal Abidin juga mengakui, layanan haji kali ini sangat memuaskan. "Semenjak di bandara Madinah sampai masuk di kota Makkah, pelayanannya luar biasa. Saya merasa senang tidak pernah sedih. Karena bisa sampai di kota suci ini sudah luar biasa," kata Zaenal.
Zaenal mengapresiasi petugas yang selalu siap sedia saat dibutuhkan. "Di setiap ada petugas, siap membantu apa yang kita butuhkan,' katanya.
Makanan Mantap
Baik Luluk maupun Zaenal, keduanya mengakui bahwa pelayanan konsumsi sangat bagus. Luluk menyukai makanan yang disajikan untuk jemaah haji. " Alhamdulillah disyukuri. Sudah tempatnya enak, makanannya enak-enak pula, sesuai selera kita dan menunya bervariasi," kata Luluk.
Zaenal juga mengakui menu makanan sesuai dengan daerah asal. "Makanannya enak, ada ikan, daging, telur, komplit," katanya.
Sutriani, jemaah haji asal Lombok NTB mengatakan, sangat senang dengan menu makanan yang disajikan kepada jemaah. "Makanannya enak. Apalagi yang ada ikan terinya itu saya paling suka," katanya.