Dekan FK Unair Dipecat Gara-gara Tolak Dokter Asing? Kemenkes Bantah Ada Intervensi Menkes

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jul 2024, 12:05
Alber Laia
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Kisruh di dunia pendidikan tinggi kembali memanas ketika Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril membantah adanya intervensi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam pemecatan Profesor Budi Santoso, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair). 

Kasus ini semakin terkait dengan sikap kontroversial Profesor Budi sebelumnya, yang menentang keras program Kemenkes untuk mendatangkan dokter asing ke Indonesia.

"Informasi yang mengatakan Menkes mengontak Rektor Unair untuk meminta memberhentikan Dekan Fakultas Kedokteran merupakan fitnah dan hoaks," ujar Mohammad Syahril, dikutip dari Antara, pada Kamis, 4 Juli 2024. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Ia menambahkan, Kemenkes tidak membawahi Unair dan tidak memiliki wewenang mengatur Unair.

"Informasi yang beredar seolah Kemenkes akan mendatangkan 6.000 dokter warga negara asing juga hoaks," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam pernyataannya mengaku heran terhadap kejadian pemecatan Prof Budi Santoso yang dikaitkan dengan intervensi Kemenkes.

"Heran saya, kok dikaitkan dengan Kemenkes. Unair tidak di bawah Kemenkes, tidak ada wewenang saya di sini, saya juga tidak ada kontak apapun dengan Unair terkait masalah ini," katanya.

Halaman
x|close