Ribuan Pelari Ikuti BiosfeRun Jelajahi Perbukitan Menoreh

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Okt 2024, 18:26
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pelari mancanegara ikuti BiosfeRun 2024 Pelari mancanegara ikuti BiosfeRun 2024 (Ntvnews.id/Agus Setiawan)

Ntvnews.id, DIY - Sebanyak 1.000 lebih pelari trail mengikuti ajang BiosfeRun pada Minggu, 13 Oktober 2024 yang berlokasi di Lapangan Desa Pagerharjo, DIY. Para peserta melintasi rute hijau Cagar Biosfer Merapi-Merbabu-Menoreh yang tersebar di tiga kabupaten yakni Kulon Progo, Magelang, dan Purworejo.

Diketahui bahwa kawasan penyangga destinasi Candi Borobudur itu telah diresmikan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO sejak 28 Oktober 2020.

Para peserta terdiri dari berbagai provinsi di Indonesia, bahkan ada juga pelari dari mancanegara. Ada pelari mancanegara dari 32 negara, seperti India, Rusia, Taiwan, Afghanistan, Australia, Bulgaria, Swiss,, Uganda, dan Zimbabwe.

Biosferun <b>(Ntvnews.id)</b> Biosferun (Ntvnews.id)

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur Agustin Peranginangin mengatakan, para peserta lari juga bisa menjadi duta pariwisata hijau kawasan biosfer Perbukitan Menoreh.

Pelari mancanegara ikuti BiosfeRun 2024 <b>(Ntvnews.id/Agus Setiawan)</b> Pelari mancanegara ikuti BiosfeRun 2024 (Ntvnews.id/Agus Setiawan)

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) dan Nusantara TV sebagai salah satu upaya mempromosikan cagar biosfer yang ada di kawasan pariwisata Borobudur. Ini terbagi dalam tiga kategori lari, yakni 5K, 10K, dan 21K.

Melibatkan 120 penari Gedruk dan Topeng Ireng yang dibawakan oleh kalangan pemuda desa perbukitan Menoreh, BiosfeRun juga ditutup oleh penampilan Abah Lala.

Acara ini didukung oleh PLN Mobile, Pertamina, Telkom Indonesia, PT Freeport Indonesia, PT Permodalan Nasional Madani, PT Kereta Api Indonesia (Persero), Inifit, ID FOOD, dan SanQua.

Halaman
x|close