Indonesia Targetkan 4 Besar di Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Jul 2024, 20:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP PBVSI) Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP PBVSI) Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo (Bagas Adi Pangestu/Ntvnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Tim nasional voli putra Indonesia U-20 bakal bertemu Hong Kong pada laga pembuka AVC U-20 2024 atau Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 ke-22 (22nd Asian Men's Volleyball Champions) yang berlangsung di Jawa Pos Arena dan Gelora Pancasila, Surabaya (23/7/2024).

Pada kejuaraan ini, Skuad Garuda akan bersaing dengan 15 negara. Seluruh tim selanjutnya akan dibagi ke dalam empat grup, dengan masing-masing grup dihuni oleh empat negara. Sementara dua tim teratas dari masing-masing grup berhak untuk melaju ke babak perempat final.

Indonesia yang diperkuat pemain-pemain dari tim Proliga, Jakarta Garuda Jaya, berada di grup A bersama Hong Kong, Saudi Arabia, dan Australia. Sedangkan negara peserta lainnya, terdiri dari juara bertahan Iran, Qatar, Tiongkok, dan Taiwan di Grup B. Kemudian di Grup C diisi Jepang, India, Bahrain, dan Kuwait. Adapun Grup D ditempati Thailand, Vietnam, Korsel, dan Kazakhstan.

Baca juga: Olimpiade Paris 2024: Jalan Jojo ke 16 Besar Lebih Panjang Meski Unggulan Ketiga, PBSI Resmi Layangkan Protes

Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP PBVSI) Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo mengatakan kalau persiapan tim voli Indonesia mepet. Pasalnya, para pemain sebelumnya tampil di ajang final four Proliga. Meski demikian, Imam tetap optimistis para pemain bisa memberikan hasil terbaik. 

"Untuk AVC ini persiapan kita sudah 95 persen. Setengah bulan yang lalu, latihan Garuda Jaya sudah kita geser ke Surabaya untuk latihan secara efektif dan efisien di sana. Jadi persiapan kita memang sudah sangat cukup ya. Sebelumnya saja, sudah menghadapi lawan tanding yang berat-berat," kata Imam kepada wartawan usai konferensi pers di Jakarta, Rabu (17/7/2024).

"Bahkan lawan tandingnya ada dari pemain-pemain asing Proliga, 12 kali mereka main. Dibandingkan kalai kita latih tanding ke luar negeri, tidak mungkin kita lakukan 12 kali. Dan belum tentu juga dapat lawan seperti yang di Proliga," kata Imam menambahkan. 

Kejuaraan ini merupakan babak kualifikasi kejuaraan dunia U-21. Empat negara teratas nantinya menjadi wakil Asia. Untuk PBVSI pun menargetkan Indonesia bisa finis di posisi empat besar.

Halaman
x|close