VFS Global Hadirkan Chatbot AI Generatif untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Mar 2025, 18:45
thumbnail-author
Dedi
Penulis
thumbnail-author
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
VFS Global VFS Global (VFS)

Ntvnews.id, Jakarta - VFS Global baru-baru ini memperkenalkan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) generatif guna meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang hendak bepergian ke Inggris.

Chatbot ini menggabungkan teknologi AI generatif yang canggih untuk memberikan respons layaknya percakapan manusia, baik melalui perintah suara maupun teks.

Dengan adanya teknologi ini, para pelanggan dapat memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan mudah diakses.

Chatbot berbasis AI ini merupakan hasil pengembangan tim AI VFS Global yang berkantor pusat di Dubai. Peluncurannya merupakan respons terhadap meningkatnya permintaan akan layanan pelanggan yang efisien dan efektif dalam memberikan informasi terkait proses aplikasi visa.

Teknologi chatbot ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi dengan cepat dan tepat.

"Peluncuran chatbot bertenaga AI dari VFS Global menunjukkan komitmen berkelanjutan kami untuk memastikan layanan visa kami dapat diakses, efisien, dan memenuhi kebutuhan semua pelanggan. Menyediakan akses instan ke informasi akurat tentang proses aplikasi visa akan memastikan kami terus menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan kami," kata Jen Vidler, Wakil Direktur Operasional Layanan Lintas Sektor, Visa, Status, dan Layanan Informasi di Grup Layanan Pelanggan UK Visas and Immigration (UKVI).

Menurut Zubin Karkaria, Pendiri dan Chief Executive Officer VFS Global Group, teknologi dan inovasi selalu menjadi dasar dari seluruh operasi VFS Global. Ia mengungkapkan rasa bangga atas peluncuran solusi informasi berbasis AI ini, yang secara signifikan akan meningkatkan pengalaman aplikasi visa bagi pelanggan dari seluruh dunia yang bepergian ke Inggris.

Selain itu, VFS Global juga sedang mengembangkan berbagai produk berbasis AI dan teknologi digital lainnya untuk mendorong transformasi layanan visa dan konsuler.

"Kami tetap berkomitmen penuh terhadap pengembangan AI yang bertanggung jawab sesuai dengan kebijakan dan persyaratan klien pemerintah kami," tambahnya.

Pengembangan chatbot ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi AI generatif yang dilatih menggunakan data publik dari situs web VFS Global di masing-masing negara. Langkah ini memastikan bahwa chatbot mampu memberikan informasi akurat dan relevan sesuai dengan negara asal pelanggan.

Selain itu, seluruh infrastruktur IT tempat chatbot ini dibangun dan di-host berada dalam lingkungan yang aman, mematuhi standar privasi dan keamanan data yang ketat.

VFS Global melibatkan tim ahli data scientist dan AI specialist untuk mengembangkan chatbot ini. Mereka memastikan bahwa standar kualitas dan keamanan tertinggi diterapkan selama proses pengembangan. Pusat pengembangan AI VFS Global berada di beberapa lokasi strategis, termasuk Dubai, Mumbai, dan Berlin.

Untuk menjamin penggunaan AI yang etis, VFS Global bekerja sama dengan Responsible AI Institute dalam mengintegrasikan aspek etika dan mitigasi bias pada pengembangan chatbot.

Selain itu, proyek ini juga memanfaatkan platform AI internal, seperti AI Foundation Model dan Super Alpha Application Platform, yang dilengkapi dengan pembatas bawaan (guardrails) guna memastikan keamanan, keselamatan, dan kepatuhan terhadap regulasi data.

Melalui inovasi ini, VFS Global terus berupaya memberikan layanan visa yang lebih baik dengan tetap mengutamakan prinsip-prinsip keamanan dan kepatuhan, sehingga para pelanggan dapat menikmati pengalaman yang lebih nyaman dan terpercaya.

x|close