Ingat Pembakar Alquran di Swedia? Ia Hanya Dituntut Hal Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Agu 2024, 12:49
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi baca Alquran Ilustrasi baca Alquran (Freepik)

Ntvnews.id, Stockholm - Pembakaran tersebut menimbulkan kemarahan di kalangan umat Muslim di seluruh dunia dan meningkatkan kekhawatiran akan kemungkinan serangan balasan di Swedia.

Bagi umat Islam, Al-Qur'an dianggap sebagai wahyu langsung dari Allah, sehingga menodainya dianggap sebagai pelanggaran serius.

Namun, kritik menyatakan bahwa Swedia, yang dikenal sebagai negara dengan kebebasan berpendapat yang luas, seharusnya menganggap pembakaran Al-Qur'an sebagai ekspresi kebebasan berbicara yang dilindungi hukum.

Dilansir dari reuters, Jumat, 20 September 2024, jaksa Swedia menuduh kedua pria tersebut melakukan "pelanggaran agitasi terhadap kelompok etnis atau nasional."

Baca Juga: Momen Vladimir Putin Mencium Alquran Jadi Perbincangan

Jaksa senior Anna Hankkio menjelaskan bahwa keduanya dituntut karena membuat pernyataan dan memperlakukan Al-Qur'an dengan cara yang menghina umat Islam berdasarkan keyakinan mereka.

Menurut Otoritas Kejaksaan Swedia, insiden pembakaran terjadi dalam empat kesempatan berbeda, termasuk di luar masjid dan di lokasi publik lainnya.

Halaman
x|close