BNPB: Banjir Bandang Sumbar Bencana 20 Tahunan

NTVNews - 14 Mei 2024, 06:58
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Longsor dan Banjir di Sumatera Barat Longsor dan Banjir di Sumatera Barat (Instagram @Beni_FTR)

Ntvnews.id, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa banjir bandang lahar dingin di Sumatra Barat (Sumbar) merupakan bencana 20 tahunan. Hal ini adalah penilaian para ahli.

"Laporan yang kami terima, diskusi dari beberapa ahli hidrologi menyebutkan kondisi di Padang (Sumbar) ini merupakan periode ulang 20 tahunan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam konferensi pers daring, Senin (13/5/2024).

Atas itu, ia berharap seluruh pihak bisa mencegah agar kejadian ini tak memburuk. Daerah yang jadi bantaran sungai aliran lahar dingin, diharapkan benar-benar terjaga atau tak terjadi alih fungsi bahkan menyempit.

"Dan ini harus menjadi perhatian kita tentunya ada atensi-atensi yang terkait dengan pemanfaatan daerah bantaran sungai dan seterusnya," tuturnya.

Diketahui, peristiwa banjir bandang lahar dingin dipicu curah hujan tinggi di wilayah hulu Gunung Marapi. Kondisi itu membuat lahar dingin atau lahar hujan, mengalir ke daerah aliran yang dihuni warga sehingga menimbulkan korban.

Pemerintah, kata Muhari tengah menyusun berbagai langkah pencegahan agar peristiwa ini tak terjadi kembali di kemudian hari.

"Nanti kita akan coba lihat juga dengan PVMBG, kalau kondisi-kondisi seperti ini (banjir bandang lahar dingin), apa mitigasi yang bisa kita lakukan?" tuturnya.

Halaman

TERKINI

Load More
x|close