Timur Tengah Makin Memanas, Ini 7 Sekutu Indonesia Jika Perang Dunia 3 Pecah

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Okt 2024, 04:00
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Bendera Indonesia Bendera Indonesia (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang tidak terlibat dalam aliansi militer, dikenal dengan Gerakan Non-Blok. Organisasi ini terdiri dari 100 negara yang tidak berafiliasi politik dengan kekuatan manapun.

Tujuan utama dari organisasi ini adalah menjaga kemerdekaan, kedaulatan, dan keamanan. Indonesia hingga kini tetap menegaskan posisinya sebagai negara netral yang tidak berpihak kepada negara manapun.

Namun, jika suatu hari Indonesia diserang, ada beberapa negara yang siap menjadi sekutunya. Berikut penjelasan lebih lanjut berdasarkan beberapa sumber.

1. Palestina

Ilustrasi. Bendera Palestina. Ilustrasi. Bendera Palestina.

Indonesia adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Palestina dalam sidang PBB 2018. Sejak lama, Indonesia menunjukkan dukungannya terhadap perjuangan Palestina. Indonesia juga berdiri teguh dalam solidaritas melawan Israel dan sekutunya di Liga Arab.

Meskipun beberapa negara Arab mulai menjalin hubungan dengan Israel, Indonesia tetap menolak normalisasi yang diusulkan oleh Amerika Serikat. Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina semakin erat, menjadikan Palestina sebagai salah satu sekutu Indonesia.

2. Arab Saudi

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) <b>(Istimewa)</b> Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) (Istimewa)

Pada 2019, Arab Saudi mencatatkan 10,3% PDB dari sektor pariwisata, dengan Indonesia sebagai pengunjung terbesar keempat, menyumbang 8% dari total wisatawan global. Hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi didasari oleh ikatan agama Islam.

Indonesia juga berpartisipasi dalam Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam, memungkinkan agenda bersama terkait geopolitik. Kunjungan bersejarah Raja Arab Saudi ke Indonesia pada Maret 2017 menandai hubungan erat kedua negara ini.

Halaman
x|close