Membuka Konektivitas Menuju Kemakmuran, Jokowi Bangun 27 Bandar Udara Baru

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Okt 2024, 18:00
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi bakal meresmikan Bandara Panua Pohuwato, di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, pada Seni Presiden Jokowi bakal meresmikan Bandara Panua Pohuwato, di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, pada Seni

Ntvnews.id, Jakarta - Dalam tiga tahun terakhir, jumlah pelancong nusantara yang berkunjung ke Toraja, Sulawesi Selatan, terus meningkat. Pada 2021, ada sekitar 78 ribu warga Indonesia yang menikmati pesona alam daerah pegunungan tersebut. Jumlah pengunjung ke kawasan itu naik menjadi sekitar 480 ribu pada 2022 dan 487 ribu orang setahun kemudian.

Bertambahnya pelancong ke daerah yang terkenal dengan Rumah Adat Tongkonan ini karena akses transportasi yang semakin mudah. Ada Bandara Toraja yang menghubungkan daerah ini dengan Makassar, Balikpapan dan Luwu.

Jika melalui jalan darat, perjalanan dari Makassar ke Toraja memakan waktu 9 jam. Sementara, untuk destinasi yang sama, waktu tempuh yang dibutuhkan dengan menggunakan pesawat hanya 50 menit.

Bandara Toraja diresmikan Presiden Joko Widodo bersamaan dengan Bandara Pantar di Alor, Nusa Tenggara Timur pada 18 Maret 2021. “Hampir setiap enam bulan saya tanyakan ke Pak Menhub, kapan bandara ini selesai. Akhirnya hari ini bisa diresmikan. Alhamdulillah,” kata Presiden Jokowi, saat itu.

Presiden Jokowi bakal meresmikan Bandara Panua Pohuwato, di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, pada Seni Presiden Jokowi bakal meresmikan Bandara Panua Pohuwato, di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, pada Seni

Kepala Negara berharap beroperasinya bandara tersebut dapat berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lebih banyak lapangan kerja, dan menghidupkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru.

Jokowi juga mengapresiasi potensi wisata Toraja yang bisa berkembang dengan semakin terbukanya konektivitas. Apalagi pariwisata di Toraja sangat didukung oleh kekuatan budaya di sana. “Bisa saja nanti yang dari Bali langsung ke sini, bisa saja dari Jakarta langsung ke sini, bisa saja dari Bandung langsung ke Tana Toraja," ujar dia.

Halaman
x|close