Ramai soal Data Bocor, Ini Jawaban Universitas Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Jul 2024, 09:25
Siti Ruqoyah
Penulis & Editor
Bagikan
Universitas Indonesia Universitas Indonesia (https://www.ui.ac.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Kepala Biro Humas & KIP Universitas Indonesia, Amelita Lusia memastikan tidak ada kebocoran data  dari berbagai sistem termasuk dari Center for Independent Learning (CIL) seperti informasi yang beredar luas di kalangan masyarakat.

"Pada kenyataannya kami tidak menemukan adanya data yang bocor dari berbagai sistem kami, termasuk dari CIL," kata Amelita dalam keterangannya dikutip dari Antara, Sabtu (20/7/2024).

Baca juga: Rektor UII Fathur Wahid: Jangan Panggil Saya Profesor

Amelita mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan rekan-rekan media atas perhatian terhadap berita ini. “Kejadian ini mendorong kami untuk meningkatkan pengamanan terhadap sistem informasi dan data yang ada di UI,” kata dia.

Universitas Indonesia <b>(https://www.ui.ac.id)</b> Universitas Indonesia (https://www.ui.ac.id)

Amelita menjelaskan UI banyak menerima pertanyaan terkait informasi yang terpublikasikan di salah satu akun X (twitter) yang menyebutkan adanya pelanggaran data yang signifikan.

Data yang dibobol tersebut meliputi informasi pribadi seperti nomor registrasi, nomor identifikasi, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, alamat, nomor telepon, email, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan lainnya.

Baca juga: Ditolak Masjid Istiqlal, Aktivis Pro Israel Ari Gordon Jadi Pembicara di UIN Palu dan UINSA Surabaya

"Segera setelah mengetahui beredarnya kabar ini di tengah-tengah masyarakat, kami melakukan pengecekan dan penelusuran secara komprehensif," ujar Amelita.

Halaman
x|close