Eks Kepala BIN AM Hendropriyono Bangun Replika Kraton Majapahit di Jakarta

NTVNews - 8 Mei 2024, 08:56
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Replika Kraton Majapahit yang Digagas Hendropriyono Replika Kraton Majapahit yang Digagas Hendropriyono (Tangkapan Layar: Instagram)

Ntvnews.id, JakartaSeperti diketahui eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), A.M. Hendropriyono membangun sebuah replika Kraton Majapahit Jakarta yang terletak di kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Replika Kraton Majapahit ini berdiri di atas lahan seluas 5.500 meter. 

Sebelum dibangun menjadi replika Kraton Majapahit, lokasi ini sebelumnya bernama Taman Arum Udumbara yang merupakan miniatur Kerajaan Majapahit di masa lalu. Majapahit sendiri merupakan kerajaan yang muncul di Asia Tenggara sebagai negara besar. 

Replika Kraton Majapahit Jakarta ini diharapkan akan menjadi monumen untuk mengabadikan kebesaran Kerajaan Majapahit di masa lalu untuk Indonesia masa kini dan masa depan. A.M. Hendropriyono pun mendapat banyak pujian usai membangun replika tersebut. 

Dalam peresmian Kraton Majapahit di Jakarta pada Selasa, 7 Mei 2024 kemarin, tampak hadir Menhan Prabowo Subianto. Ia mengaku sangat bersyukur berkesempatan hadir dalam acara tersebut dan memberikan apresiasi setinggi mungkin kepada Hendropriyono. 

"Pertama-tama, terima kasih atas kehormatannya, saya bisa hadir di sini, di tempat bersejarah Kraton Majapahit Jakarta, sebuah gagasan luar biasa dari Pak Hendropriyono," kata Prabowo dalam sambutannya seperti dilansir dari video yang beredar. 

“Kebetulan hari juga ini ultah Pak Hendro, saya bisa liat fisik sepertinya Pak Hendro masih lama ini. Justru saya lihat kita yang jauh lebih muda, harus belajar ilmunya, beliau luar biasa saya nilai ya 62 lah (umur Hendropriyono seperti 62 tahun)," tutur Prabowo disambut tawa.

Replika Kraton Majapahit yang Digagas Hendropriyono <b>(Tangkapan Layar: Instagram)</b> Replika Kraton Majapahit yang Digagas Hendropriyono (Tangkapan Layar: Instagram)

Halaman
x|close